Connect with us

infobanjarmasin.com

Buka Rakerda GP, Ketua Kwartir Daerah Kalsel Hj Raudatul Jannah Ingatkan ini Kepada Para Peserta

Published

on

Ketua Kwarda kalsel Hj.RaudatulJannah,SKM.,M.Kes membuka Rapat Kerja Daerah sekaligus foto bersama peserta kepada para perwakilan peserta penerima piagam penghargaan

infobanjarmasin.com, BANJARMASIN – Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Kalimantan Selatan menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) yang dilaksanakan selama 2 hari dari Jumat – Sabtu tanggal 26 -27 Januari 2024.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua Kwartir Daerah Kalimantan Selatan Hj. Raudatul Jannah, bertempat di gedung Gerakan Pramuka Kalsel jalan Mulawarman, Kota Banjarmasin Jumat 26 Januari 2024

Rapat Kerja Daerah ( Rakerda) digelar Berdasarkan Pasal 119 Anggaran Rumah Tangga (ART) Gerakan Pramuka serta dalam Rangka Konsolidasi Organisasi dan Implementasi Program Kerja Tahun 2024. Berrdasarkan Laporan Ketua Panitia Rakerda diikuti 82 peserta dari 5 orang utusan dari 13 Kab/Kota yang ada di Kalimantan Selatan.

Dalam sambutanya, Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalsel Kak Hj Raudatul Jannah menyampaikan saat ini Praja Muda Karana (Pramuka) usianya telah lebih dari setengah abad.

Menurutnya, Pramuka telah banyak memainkan peran penting dalam membentuk karakter kehidupan generasi muda sebagai sebuah gerakan Pemberdayaan kaum muda.

“Selain itu kepramukaan mampu menciptakan dampak positif pada kehidupan kaum muda, Pramuka harus menjadi peserta yang aktif dalam berbagai program kepramukaan,” ujarnya.

Hj.Raudatul Jannah mengatakan, gerakan pramuka harus punya komitmen kuat untuk belajar dan bekerjasama dalam tim generasi muda.

“Ya harus punya motivasi dan ikhtiar yang kuat untuk mampu dan selalu giat belajar,” tegasnya.

Menurutnya Pramuka perlu berinvestasi dalam program pelatihan dan pengembangan, dimana para Pembina diberi pengetahuan dan keterampilan untuk memberikan kepemimpinan yang berkualitas kepada kaum muda.

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa rapat kerja daerah (Rakerda) gerakan pramuka merupakan rapat yang diselenggarakan satu kali tiap tahun dengan tujuan untuk memadukan suatu kerjasama yang serasi antara Kwartir Daerah dan Kwartir Cabang (Kwarcab) serta segenap komponen Pramuka

Hal tersebut tertuang dalam SK Kwarnas gerakan Pramuka Nomor 22 tahun 2007 tentang petunjuk penyelenggaraan organisasi dan tata kerja keluarga sesuai dengan bidang urusan masing-masing

“Pramuka itu harus selalu rapat mufakat Semangat dan selamat dunia akhirat,” harap Raudhatul Janah.

Ketua Kwarda ini mengajak semua perlu bekerja sama memastikan bahwa Pramuka terus menjadi organisasi yang relevan dengan perkembangan Jaman.

“Mari kita manfaatkan dengan memperkuat Gerakan Kepramukaan mendukung generasi muda untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka sendiri, yang tentu juga dalam bingkai kemaslahatan sosial dan budaya yang melingkupinya,”ucap Hj.Raudatul Jannah

Terakhir sambutan, Hj.Raudatul Janah mengucapkan selamat dan sukses kepada peserta Rapat Kerja Daerah (Rakerda)Tahun 2024.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply