Connect with us

infobanjarmasin.com

Dispersip Kalsel Gelar Bimtek SIKN dan JIKN, Hadirkan Dua Narasumber dari Arsip Nasional

Published

on

Foto: Dispersip Kalsel.

infobanjarmasin.com, BANJARMASIN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi lembaga kearsipan daerah Kabupaten/Kota Provinsi Kalimantan Selatan, di Hotel Harper Banjarmasin, Selasa (24/10/23) pagi.

Adapun Bimtek yang digelar, yakni terkait Sistem Informasi Kearsipan Nasional (SIKN) dan Jaringan Informasi Kearsipan Nasional (JIKN).

Dimana Dispersip Kalsel sendiri turut mengundang dua narasumber dari Arsip Nasional, yakni Ketua Tim Pengembangan Layanan Konten SIKN dan JIKN Pusat SJIKN, Anak Agung Gede Sumardika dan Pranata Komputer Arsip Nasional,  Bayu Hadi Widodo, A.Md.

Diketahui kegiatan ini diikuti 73 peserta yang terdiri dari kepala dinas hingga admin di 13 Lembaga Kearsipan Daerah (LKD) Kabupaten/Kota di Provinsi Kalsel.

Kepala Dispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardie berharap dengan adanya kegiatan SIKN dan JIKN di Kalsel, kemudian pembekalan narasumber arsip nasional, kedepannya bisa berjalan sebagaimana mestinya.

“Ada dua narasumber nasional yang ditunjuk arsip nasional sebagai Pilot Project pelaksanaan SIKN dan JIKN beberapa waktu lalu di Yogyakarta,” ucap wanita disapa Bunda Nunung ini.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah mewujudkan arsip sebagai tulang punggung manajemen pemerintahan dan pembangunan.

Hal ini menurutnya, guna menjamin akuntabilitas manajemen penyelenggaraan negara, serta menjamin ketersediaan arsip sebagai memori kolektif bangsa Indonesia secara lengkap, cepat, tepat, mudah dan murah.

“kegiatan ini bisa memberikan rupa nyata pada visi penyelenggaraan kearsipan nasional yang menjadikan arsip sebagai simpul pemersatu bangsa,” ujarnya.

“Dengan menyediakan akses yang luas dan mudah terhadap arsip dinamis dan statis, SIKN dan JIKN dengan sendirinya mendukung upaya penegakan hak warga negara untuk memperoleh informasi,” lanjut Nurliani.

Lebih jauh Nurlianali pun berharap, dengan adanya kegiatan bimtek ini, SIKN dan JIKN di Kalsel bisa berjalan sebagaimana mestinya.

“Mengingat Kalsel salah satu yang ditunjung arsip nasional sebagai Pilot Project pelaksanaan SIKN dan JIKN beberapa waktu lalu di Yogyakarta,” ujar Nurliani

Di samping itu, Ketua Tim Pengembangan Layanan Konten SIKN dan JIKN Pusat SJIKN, Anak Agung Gede Sumardika mengatakan, dalam kegiatan ini pihaknya akan memberikan beberapa materi kepada para paserta, salah satunya pelatihan arsip statis.

Namun demikian, ia menyebut bahwa inti dari bimtek ini bertujuan mempermudah akses masyarakat untuk mendapatkan informasi.

“Kalau kementrian lembaga itu baru arsip dinamis. Jadi di LKD ini input materi ke SIKN, kami di Jakartan yang mengelola JIKNnya. Selanjutnya masyarakat yang mengakses arsip yang diinput melalui JIKN,” pungkas Agung. (Dispersip Kalsel)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply