Connect with us

infobanjarmasin.com

Dispersip Kalsel Gelar Kompetisi Film Pendek, Total Hadiah Jutaan Rupiah, Yuk Ikutan!

Published

on

Foto: Dispersip Kalsel

infobanjarmasin.com, BANJARMASIN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel kembali menggelar kompetisi film pendek tahun 2024, dengan mengangkat tema “Literasi dan Perpustakaan”.

Kepala Dispersip Kalsel, Nurliani Dardie mengatakan bahwa kegiatan kompetisi film pendek ini terbuka untuk masyarakat umum di Kalimantan Selatan.

“Peserta bisa terdiri dari individu atau kelompok. Dan untuk pendaftaran peserta bisa mendaftar melalui form yang sudah disiapkan. Pendaftaran gratis, dan total hadiah kompetisi jutaan rupiah sudah kita siapkan,” ujar Nurliani, Sabtu (9/3).

Adapun syarat khusus dalam kompetisi film pendek wajib ini adalah dengan mengambil salah satu latar lokasi syuting di perpustakaan.

“Perpustakaannya bebas, bisa di provinsi, kabupaten, perguruan tinggi, perpustakaan khusus, maupun desa, yang pasti ada di Kalsel,” jelasnya.

Kemudian peserta juga diwajibkan untuk mengumpulkan Poster, Still Image, Trailer (1 Menit) dari filmnya untuk keperluan publikasi.

Dan terakhir, Peserta wajib mengikuti Instagram @perpuspalnam dan @depoarsipprovkalsel

Sementara untuk ketentuan kompetisi ini, jenis film berupa Film Pendek Fiksi (cerita/naratif), bukan Animasi atau Dokumenter. Dengan durasi film minimal 3 menit dan maksimal 10 menit, dan durasi film sudah termasuk bumper logo, opening dan credit title.

Peserta wajib menggunakan logo Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan pada bumper film. (s.id/LogoDispersip).

Kemudian ketentuan juga berlaku terhadap penggunaan dialog atau bahasa, yakni menggunakan bahasa daerah dengan ketentuan wajib menyertakan subtitle Bahasa Indonesia dengan format font Arial Warna Putih atau Kuning dan memakai stroke hitam.

Peserta tak dibatasi dalam pembuatan film dapat menggunakan Handphone, DSLR, atau Mirrorless. Dengan format film MP4, Full HD 1080p dan aspek ratio bebas (16:9/9:16).

Namun demikian, dalam kompetisi ini peserta hanya diperbolehkan mengirim satu karya. Dan karya yang dilombakan merupakan karya asli peserta dan belum pernah diikut sertakan atau dipublikasikan untuk keperluan yang bersifat komersil serta harus bebas dari setiap kontrak atau ikatan.

Selain itu, untuk musik/lagu dan materi lainnya (foto, grafis & lain-lain) ketentuan penjurian juga meminta agar tidak melanggar hak cipta.

Dan film pendek yang dibuat tidak mengandung unsur SARA, kekerasan, pornografi, kata kasar atau yang melanggar norma di tengah masyarakat umum.

“Dalam hal ini, juri dan panitia tidak bertanggung jawab dengan segala tuntutan hukum atas karya yang dikirimkan. Dan kami sebagai panitia berhak mendiskualifikasi karya yang tidak sesuai dengan tema dan ketentuan yang berlaku,” jelasnya.

Sebagai informasi, untuk pendaftaran sendiri dibuka mulai tanggal 8 Maret-19 April 2024. Sementara unggah karya peserta akan dilakukan pada tanggal 19 April – 16 Mei 2024.

Kemudian untuk penjurian akan dilakukan pada tanggal 21-22 Mei 2024. Dan pengumuman pemenang akan diumumkan pada tanggal 25 Mei 2024.

Untuk pendaftaran bisa melalui link bit.ly/formulirKFP2024 Narahubung Husnul Khatimah (0822 5271 2027). (Rfky)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply