Connect with us

infobanjarmasin.com

Dispersip Kalsel Kembali Dapatkan Hibah Tiga Unit MPK dari Perpusnas di Tahun 2023

Published

on

Foto: Dispersip Kalsel

infobanjarmasin.com, BANJARMASIN – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel Kembali mendapatkan bantuan hibah unit Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia.

Bahkan tak tanggung-tanggung, kali ini di tahun 2023, Perpustakaan milik pemerintah provinsi Kalsel itu mendapat 3 buah unit MPK.

Dimana kegiatan ini diikuti Kepala Perpusnas RI M. Syarif Bando, berlangsung di Gedung Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11 Jakarta Selatan, pada Selasa (10/10) kemarin.

Adapun penandatanganan serah terima juga langsung dihadiri Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel Hj Nurliani Dardie, yang mendampingi 3 Kepala Dinas Perpustakaan dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Barito Kuala, dan Tanah Bumbu.

“Ahamdulillah kita hari ini dapat tambahan 3 lagi untuk kabupaten. Atas nama pemerintah provinsi saya ucapkan terima kasih banyak yang tidak terhingga pada Perpusnas RI, karena sejak saya menjabat Kepala Dispersip Kalsel, kita sudah menerima 14 unit, termasuk untuk provinsi,” ungkap Bunda Nunung, sapaan akrab Hj Nurliani.

Keberhasilan Kalsel yang setiap tahun menerima bantuan MPK tak lepas dari dukungan Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin yang mendukung peningkatan sarana dan prasarana perpustakaan di Kalsel.

“Kami sampaikan juga rasa terimakasih atas dukungan penuh Bapak Gubernur Paman Birin untuk kemajuan perpustakaan di Banua,” kata Bunda Nunung.

Selain itu, Bunda Nunung juga mengharapkan bantuan dan bimbingan dari Perpusnas RI dapat terus berlanjut, untuk mendukung perkembangan literasi di Kalsel.

“Semoga dalam waktu dekat kita dapat kabar baik untuk kabupaten yang belum memiliki agar dapat segera dikabulkan, termasuk Kota Banjarbaru yang sedang kita usulkan,” tambahnya.

Tidak hanya itu, menurutnya, Perpusnas juga telah memberikan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang jumlahnya lebih dari Rp57 miliar sejak tahun 2019.

“DAK itu untuk renovasi, bagan pustaka, perabotan, hingga pembangunan gedung baru untuk kabupaten/kota,” ujarnya.

Bantuan Perpusnas ini menurutnya sangat bermanfaat untuk menunjang operasional Dispersip, guna membumikan kegemaran membaca hingga ke berbagai pelosok.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply