Connect with us

infobanjarmasin.com

Idul Adha 1444 Hijriah, Polresta Banjarmasin Gelar Salat Id dan Potong Hewan Kurban

Published

on

Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo saat mempotong hewan kurban. (Foto: Humas Polresta Banjarmasin)

Infobanjarmasin.com, BANJARMASIN – Polresta Banjarmasin menggelar Salat Id dan pemotongan hewan kurban, dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 H atau Tahun 2023, berlangsung di Halaman Mapolresta setempat, Kamis (29/6) pagi.

Kegiatan salat dihadiri Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo, Wakapolresta Banjarmasin AKBP Pipit Subianto dan jajaran Pejabat Utama (PJU) Polresta Banjarmasin serta masyarakat.

Adapun kegiatan salat Idul Adha ini, Imam dan Khotib dipimpin oleh Ustadz Rizal Fathoni.

Dalam khutbahnya Ustadz Rizal Fathoni memuakkan makna Idul Adha yang dikenal dengan sebutan Hari Raya Haji, dimana kaum muslimin sedang menunaikan ibadah haji yang utama yaitu Wukuf di Arafah.

“Ibadah haji mereka berpakaian serba putih dan tidak berjahit atau disebut dengan pakaian ihram yang melambangkan persamaan aqidah dan pandangan hidup. Tidak dapat dibedakan antara mereka semua merasa sederajat sama-sama bertujuan taqarrub minallah mendekatkan diri kepada Allah,” ujarnya.

Ustadz Rizal juga menyampaikan makna lain selain ibadah haji pada momentum Idul Adha. Diantaranya dinamakan dengan Hari Raya Idul Qurban, karena merupakan hari raya yang menekankan pada arti berkorban.

Dimana diketahui kurban adalah menyembelih hewan ternak untuk dengan maksud mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kemudian daging hasil kurban tersebut diberikan kepada fukhara dan Masaakin.

“Orang yang berkorban berarti menyembelih sifat kebinatangan di dalam dirinya yaitu seperti sifat tamak, rakus dan tidak peduli akan hak-hak orang lain yang apabila dibiarkan tumbuh dalam diri seseorang maka akan membawa pada kejahatan yang akan mendatangkan murka Allah,” ucap Khotib dalam khutbahnya.

Selain itu, Khotib juga mengajak seluruh umat muslim untuk saling menghargai dan menghormati setiap mahkluk ciptaan Allah SWT dan menjadi pribadi yang berakhlak.

Sementara itu, Kapolresta Banjarmasin Kombe Pol Sabana Atmojo menyampaikan tujuan pelaksanaan salat idul adha itu sendiri sebagai mempererat silaturahmi sesama anggota Polresta Banjarmasin dan masyarakat sekitar.

Menurutnya, semuanya harus ada kerjasama baik itu antara warga dan petugas Kepolisian. Karena tanpa itu tugas Polri tak bisa berjalan dengan baik.

“Idul Adha juga untuk meningkatkan nilai-nilai kepatuhan dan moralitas, guna mewujudkan Polri Presisi,” ujar Sabana.

Potong Hewan Kurban

Lepas Salat Idul Adha di halaman depan, kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban di halaman parkir belakang, yang dipimpin langsung oleh Kapolresta Banjarmasin, dihadiri jajaran PJU Polresta Banjarmasin.

Ada sekitar 10 ekor kurban diantaranya 9 ekor sapi dan 1 kambing dipotong. Hasil pemotongan kurban ini akan dibagikan  kepada masyarakat yang berhak di seluruh Kota Banjarmasin.

Pada kesempatan itu juga, keluarga besar Polresta Banjarmasin turut membagikan 4 Sapi ke mesjid Arafah Jl. Vetran, Mesjid Kubah Basirih, Mesjid Sultan Suriansyah, dan Mesjid Jami Banjarmasin. (H/Polresta Banjarmasin)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply