Connect with us

infobanjarmasin.com

Meriahkan HBI ke-74, Jajaran Imigrasi Kalsel Gandeng PMI Gelar Donor Darah

Published

on

infobanjarmasin.com, BANJARBARU – Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi (HBI) Ke-74 Tahun 2023, Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan melalui Divisi Keimigrasian jajaran Unit Pelaksana Teknis Imigrasi menggelar kegiatan donor darah bertempat di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, Selasa (23/01).
 
Kegiatan yang melibatkan para pegawai dan masyarakat tersebut berhasil mengumpulkan kurang lebih sebanyak 50 kantong darah guna membantu Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjarmasin. Selain itu kegiatan sosial ini digelar dengan maksud mencukupi stok darah yang menjadi kebutuhan masyarakat. 
 
Pada kesempatan ini, Kepala Kantor Wilayah Kalimantan Selatan, Faisol Ali, ikut mendonorkan darahnya.

Faisol Ali menjelaskan bahwa donor darah ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Bhakti Imigrasi ke-74.
 
“Dalam rangka Hari Bhakti Imigrasi, Kantor Wilayah telah melangsungkan beberapa rangkaian kegiatan, kemarin jajaran imigrasi telah melakukan bakti sosial ke panti asuhan, kemudian esok hari akan melaksanakan Upacara Tabur Bunga ke Makam Taman Pahlawan, kemudian di puncaknya pada hari Jum’at kita akan melakukan Upacara Hari Bhakti Imigrasi ke-74 sekaligus syukuran,” ucapnya.

Kegiatan donor darah ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran pegawai dan masyarakat akan pentingnya kepedulian membantu sesama, melalui sumbangsih darahnya, selain itu sebagai kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan donor darah serta merupakan langkah baik dalam menjaga Kesehatan Pegawai.

“Ke depan, semoga kita dapat terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Tidak hanya dalam bidang keimigrasian saja, namun begitu pula di bidang pelayanan hukum dan ham serta pemasyarakatan, kami berupaya mewadahi sukarelawan dari pegawai dan masyarakat yang tengah mengurus dokumen perlajanan untuk menyumbangkan darahnya demi masyarakat yang membutuhkan,” jelas Faisol ali. 
 
Selain donor darah, puluhan pegawai dan masyarakat pemohon paspor juga diberikan kesempatan untuk mendonorkan darahnya maupun memeriksakan kesehatannya, baik cek tensi, hemoglobin (Hb), golongan darah.
 
Mereka yang dinyatakan sehat dan memenuhi persyaratan donor, disilahkan untuk mengikuti donor darah. 
 
Pada kesempatan ini, Imigrasi Kalsel melagsungkan 3 (tiga) kegiatan secara bersamaan yaitu, donor darah, bazar ceria 2024 oleh Dharma Wanita Persatuan yang diinisiasi langsung oleh Ketua DWP Kanim Banjarmasin, Fitrie Wahyuni. Lalu yang ketiga yaitu pemeriksaan (check up) dan uji emisi kendaraan roda 4 gratis.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin ini juga di ikuti oleh pendonor dari Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan yang meliputi Jajaran Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrasi, JFT dan JFU dari Kanim Banjarmasin dan Kantor Wilayah Kalimantan Selatan serta masyarakat pemohon paspor.

Donor darah ini dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah Kalimantan Selatan, Faisol Ali, Kepala Divisi Keimigrasian dan juga selaku Plt. Kepala Divisi Administrasi, Junita Sitorus, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin, Muhammad Wahyuni, para Pejabat Administrasi Keimigrasian Kantor Wilayah, jajaran pegawai Kantor Wilayah dan Kanim Banjarmasin, serta kalangan masyarakat pemohon paspor.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply