Connect with us

infobanjarmasin.com

Pastikan Mudik Aman, Forkompinda Kalsel Tinjau Sejumlah Terminal Keberangkatan

Published

on

Forkompinda Kalsel saat melakukan pengecekan.

infobanjarmasin.com, BANJARMASIN – Forum Koordinasi dan Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kalimantan Selatan melakukan Pengecekan pos pelayanan terpadu dalam rangka persiapan pengamanan hari raya Idul Fitri, Rabu (19/4) pagi.

Para petinggi pejabat utama Kalsel itu mendatangi 4 lokasi terminal mudik mulai dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Duta mall Banjarmasin, Bandara Internasional Syamsudin Noor dan Bundaran simpang empat Banjarbaru.

Mereka mengecek pelabuhan Trisakti Banjarmasin untuk memastikan kesiapan pelabuhan dan Armada Kapal dalam melayani penumpang arus mudik jalur laut.

Di pelabuhan Trisakti Forkopimda awalnya mengunjungi ruang tunggu penumpang, Kapolda melakukan interaksi kepada penumpang di terminal pelabuhan setelahnya peninjauan dilanjutkan ke Armada Kapal Darma Kartika hingga ke ruang Nahkoda.

“Seperti dilihat hari ini lonjakan penumpang paling tinggi, karena dihitung H-3 atau H-2 menjelang lebaran (Idul Fitri 1444 H). Pada hari ini juga kita cek kapal yang akan berangkat menuju Surabaya dengan kapasitas 900 orang,” jelas Kalpolda Kalsel, Irjen Pol Andi Rian Djajadi kepada awak media.

Tujuan dilaksanakan pengecekan ini untuk melihat sejauh mana kesiapan pengamanan yang dilakukan oleh jajaran Polri, TNI beserta instansi terkait.

Selain itu pihaknya juga memantau langsung kesiapan armada kapal yang akan berangkat dari Pelabuhan Trisakti menuju Surabaya pada 14.00 Wita siang ini.

Kemudian untuk mencegah adanya gangguan keamanan, jajaran Kepolisian sudah mendirikan Pos Pengamanan maupun Pos Pelayanan, termasuk di Bandara, Pelabuhan dan Pos PAM Bundaran Simpang empat Banjarbaru.

“Kepada para pemudik untuk terus menjaga kesehatan, mengingat banyak pemudik yang sudah datang ke pelabuhan beberapa hari sebelumnya. Selain itu para pemudik diharapkan menjaga barang bawaannya agar tidak terjadi kehilangan,” katanya.

Peninjauan dilanjutkan ke Posko PAM Lebaran depan Duta Mall Banjarmasin, Bandara Internasional Syamsudin Noor, dan terakhir bundaran simpang empat Banjarbaru.

Arus penumpang transportasi udara menjadi perhatian, puncak arus mudik transportasi udara terjadi pada 18 April 2023 dengan penumpang keberangkatan sebanyak 6.709 orang.

Turut berhadir dalam kegiatan, Ketua DPRD Kalsel Supian HK, Kabinda Kalsel Brigjen Pol Dr. Heri Armanto, dan lainnya.

Sebagai informasi, Provinsi Kalsel, Pos pengamanan distandby kan selama 14 hari, yaitu dari tanggal 18 April hingga 1 Mei 2023, dengan melibatkan 2.238 personel gabungan se Kalsel, terdiri dari personel TNI, Polri, Basarnas, BNN, BPBD, Damkar dan pemerintah daerah. (Ts)

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply