Connect with us

infobanjarmasin.com

Pelaku Penyebar Hoax Tentang Penculikan Anak di Balangan, Diamankan Polisi di HSU, Ini Klarifikasinya!

Published

on

Foto istimewa

infobanjarmasin.com, BALANGAN – Pihak Sat Intelkam Polres HSU dan Polres Balangan bergerak cepat mencari pelaku pembuat Hoax, pengirim sebuah postingan catatan suara atau Voice Note (VN).

Postingan itu tersebar di beberapa grup media sosial WhatsApp di Kalimantan Selatan (Kalsel), khususnya warga di Kabupaten Hulu Sungai Utara dan Balangan.

Proses pencarian pelaku penyebar Hoax tersebut dimulai saat pihak kepolisian mendapatkan informasi mengenai adanya penyebaran catatan suara atau VN yang menyatakan kejadian penculikan di wilayah Balangan.

Kemudian dilakukan penelusuran sesuai lokasi yang disebutkan dalam catatan suara, ternyata tidak pernah ada kejadian apapun.

Hal tersebut kemudian dilakukan penyelidikan terhadap pemilik catatan suara dan akhirnya membuahkan hasil, dan diketahui posisi pelaku penyebar Hoax tersebut.

Tak memakan waktu yang lama, akhirnya pada hari Selasa 21 Desember 2021. Pelaku pembuat HOAX mengenai penculikan anak di wilayah Kabupaten Balangan, diamankan oleh pihak kepolisian di Polres HSU dan mengakui perbuatannya.

Selanjutnya yang bersangkutan membuat video klarifikasi meminta maaf kepada masyarakat dan membuat surat pernyataan atas tindakan yang tidak benar, yang sudah dilakukannya tersebut.

Adapun isi cuplikan catatan suara sekitar 54 detik dari wati dalam postingannya menyebarkan Hoax :

“Ni aku Wati, artis alabio banyu tajun dalam menginformasikan tolong di jaga hati-hati anaknya karena semalam baru aja kejadian di Ninian daerah Balangan itu keluarga Ulun mamanya tulak manoreh anaknya berdua tu kutulisi badua di muka rumah lalu hendak dibuat urang ke dalam mobil, ” ucapnya dalam bunyi Voice Note.

Akibat kejadian yang terjadi, kini dapat menjadi pelajaran bagi semua orang agar dapat dengan lebih bijak dalam menggunakan media sosial, terutama melakukan cek dan ricek terhadap hal apapun yang diposting serta tidak mudah tergoda untuk copas share postingan tersebut. (Rdr)

Editor: Ande

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply