Connect with us

infobanjarmasin.com

Polresta Banjarmasin Gelar Apel Pasukan Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024

Published

on

Infobanjarmasin.com, Banjarmasin -Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Sabana Atmojo, S.I.K, M.H. pimpin Apel Gelar Pasukan Kesiapan Petugas Ketertiban TPS dan KPPS Pemilu 2024 di daerah hukum Polresta Banjarmasin, Rabu (7/2/24).

Apel ini diselenggarakan di halaman Kantor Wali Kota Banjarmasin, dengan tujuan untuk mengecek kesiapan personel baik TNI, Polri, Petugas Ketertiban TPS, KPPS dan instansi terkait lain beserta peralatannya dalam rangka pengamanan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang.

Dalam amanatnya. Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol. Sabana Atmojo S.I.K., M.H mengatakan, apel gelar pasukan ini tentunya bukan hanya kegiatan seremonial belaka, tetapi merupakan manifestasi kesiapan pemerintah daerah, TNI, Polri maupun berbagai komponen masyarakat dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat tahapan pemungutan suara.

Selanjutnya ia sampaikan, bahwa untuk mengantisipasi berbagai potensi gangguan dan kerawanan yang muncul menjelang, pada saat dan pasca pemungutan suara Pemilu tahun 2024 secara serentak ini, maka Polri bersama seluruh stakeholder lainnya telah menggelar berbagai macam kegiatan yang bersifat cooling system.

“Dalam pelaksanaannya, cooling system ini telah menyasar berbagai komunitas dan kalangan masyarakat sehingga diharapkan akan mendapatkan out put terselenggaranya pemilu yang damai atas peran dan kerjasama semua pihak,” ucap Sabana.

“Tujuan dari apel kesiapan personel pengamanan hari ini agar pelaksanaan pengamanan nantinya dapat berjalan secara optimal, serta masyarakat merasa aman dan nyaman dalam rangkaian tahapan Puncak Pemilu 2024,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut Kombes Pol. Sabana menekankan Kepada seluruh personil Polri dan Linmas yang akan melaksanakan PAM TPS agar memperhatikan hal – hal berikut :

  1. Laksanakan Tugas Dengan Ramah Dan Humanis.
  2. Tidak Membawa Senjata Api Dan Senjata Tajam Pada Saat Pam Tps.
  3. Dilarang Keras Meminum Minuman Keras, Menggunakan Narkotika Ataupun Sejenisnya;
  4. Hindari Hal – Hal Yang Dapat Menjadi Pemicu Permasalahan

“Pengamanan pemungutan suara kali ini, diturunkan sebanyak 380 personil Polresta Banjarmasin, 104 personil BKO dari Polda Kalsel dan 3.880 personil linmas yang akan menjaga di 1.940 TPS yang tersebar di seluruh wilayah kota Banjarmasin,” ucap Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana Atmojo S.I.K., M.H usai apel.

Selain itu juga telah di siapkan tim dalmas sebanyak 96 personil yang stand by di Mako, 42 Personel patroli yang terbagi dalam Regu siap memberikan rasa aman selama 1×24 jam kepada masyarakat serta akan di back up oleh Satuan atas baik personel Dalmas Polda Kalsel maupun PHH Brimob Polda Kalsel.

Acara tersebut dihadiri Walikota Banjarmasin, Ketua KPU Kota Banjarmasin, Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Perwakilan Dandim 1007/Banjarmasin, Perwakilan Forkopimda Kota Banjarmasin, KPPS Se- Kota Banjarmasin, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply