Connect with us

infobanjarmasin.com

Polresta Banjarmasin Siap Amankan Nataru, 609 Personel Gabungan Dilibatkan

Published

on

Foto istimewa

infobanjarmasin.com, BANJARMASIN –Langkah persiapan jelang pengamanan Hari Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru), termasuk guna mengantisipasi penyebaran covid-19 dilakukan oleh jajaran Forkopimda Kota Banjarmasin dengan mengikuti Rapat Koordinasi Lintas Sektoral di Rupatama Mapolresta Kota setempat. Rabu (15/12/2021).

Rapat tersebut terhubung melalui sarana Video Conference (Vicon) yang dipimpin oleh Kapolda Kalsel Irjen Pol Drs. Rikwanto, S.H., M.Hum di Rupatama Mapolda Kalsel.

Usai itu, Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan, S.I.K., M.M. saat ditemui mengungkapkan pihaknya bersama pemerintah Kota Banjarmasin dan Kodim 1007 Banjarmasin akan mendirikan 6 Pos yang terdiri 5 Pos Pengamanan dan 1 Pos Pelayanan.

“Untuk pos pengamanan berlokasi di Km 6, Jalan Sudirman atau Samping Jembatan Merdeka, di Bundaran Kayu Tangi, di depan Kantor Pos/ dan di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, ” terangnya yang saat itu didampingi Dandim 1007 Banjarmasin, dan Sekda Kota Banjarmasin serta Kadinkes Kota Banjarmasin.

Kemudian satu pos pelayanan di samping Duta Mall (DM) yang mana juga ada gerai vaksinasi.

Terkait pengamanan Nataru di Kota ini, orang nomor satu dijajaran Polresta Banjarmasin itu juga telah menyiapkan sebanyak 609 personel gabungan.

“Kita sinergi, nanti ada dari Kodim 1007/Bjm, Sat Pol PP, Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin yang membackup di pos-pos tersebut, ” ucap Kapolresta Banjarmasin.

Selain pengamanan, langkah antisipasi kerumunan warga di tempat keramaian juga dilakukan.

“Saya imbau agar pada malam pergantian tahun tidak ada perayaan kembang api, karena rawan kebakaran, ” imbuh Kapolresta Banjarmasin.

Sementara Sekda Kota Banjarmasin menjelaskan bahwa Pemko telah menyiapkan langkah antisipasi terhadap pengunjung yang datang ke Kota Banjarmasin.

Langkah itu, baik ke perhotelan maupun pusat perbelanjaan agar tidak membludak dengan menyeleksi kembali mengenai keaktifan aplikasi PeduliLindungi guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Aplikasi tersebut dipakai disemua tempat-tempat pelayanan Publik baik itu pusat perbelanjaan yang rawan didatangi orang saat libur Nataru dan juga Hotel, ” kata Sekda Kota Banjarmasin.

“Sedangkan untuk tempat hiburan malam masih mengacu pada peraturan daerah kita bahwa pada saat Natal dan Tahun Baru itu ditutup, ” tambahnya.

Selain itu Sehubungan dengan kerawanan bencana seperti air pasang pemko juga mengantisipasi dengan menyiagakan personel dari BPBD, Dinas Sosial sampai Kecamatan hingga Kelurahan.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply