Connect with us

infobanjarmasin.com

Segera Daftar, Dua Jalur Pendaftaran Calon Siswa SMP Berakhir Besok

Published

on

Pendaftaran calon peserta didik baru di salah satu SMP di Banjarmasin. (Foto: Ilh/infobanjarmasin)

infobanjarmasin.com, BANJARMASIN – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dari jalur Prestasi dan Afirmasi kini sudah dibuka sejak Senin (20/06).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Banjarmasin Nuryadi melalui Kasi Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Ahmad Syafi’i menyampaikan imbauan terakhir kepada para calon siswa untuk segera melakukan pendaftaran.

“PPDB online dengan jalur Prestasi dan Afirmasi akan berakhir besok Rabu (22/06). Setelah itu nanti akan dilanjutkan jalur zonasi,” terangnya saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (21/06).

Dijelaskan oleh Syafi’i, pendaftaran pada jalur prestasi terbagi menjadi dua bagian yaitu Akademik dan Prestasi Non Akademik.

“Jalur Prestasi Non Akademik adalah calon peserta didik memiliki prestasi juara tingkat kota maupun provinsi, nasional dan internasional, untuk mereka yang mendaftar kita bisa mengarah ke pendaftaran Non Akademik,” ungkapnya.

Ditambahkan Syafi’i prestasi yang menjadi kategori adalah piagam penghargaan tiga tahun terakhir. Terhitung dari tahun 2020 hingga 2022. Kemudian jumlah piagam dihargai untuk penilaian tersebut minimal satu penghargaan.

“Jalur prestasi akademik, selain itu kriteria calon peserta didik memiliki nilai rapor pada lima semester terakhir dengan nilai rata-rata kumulatif per semesternya, diatas 85 dari lulusan Sekolah Dasar kota Banjarmasin dan Madrasah Ibtidaiyah berdomisili di kota Banjarmasin,” jelasnya.

Sementara jalur afirmasi diperuntukkan bagi peserta didik yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu Pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) terdaftar di kartu keluarga Kota Banjarmasin atau terdaftar pada SK Penerima KIP SD/MI.

“Jalur ini bisa diikuti untuk semua peserta didik yang berdomisili di dalam maupun di luar wilayah zonasi sekolah yang bersangkutan,” kata Syafi’i.

Menurut dia, penyediaan kuota dari jalur Afirmasi hanya sebanyak 15 persen dari jumlah kouta yang keseluruhan.

Jadi, apabila kuota dari jalur afirmasi masih ada tersisa, maka kouta akan dilimpahkan ke jalur zonasi.

“Kalau penerapan pendaftaran melalui jalur zonasi ini menyesuaikan jarak calon siswa, menhitunh jarak secara radius. Caranya dengan menggunakan alamat Kartu Keluarga (KK), menyesuaikan jarak tempat tinggal dengan alamat sekolah yang dipilih,” terangnya.

Syafi’i juga mengatakan, pada pendaftaran kali ini ada tiga pilihan sekolah yang harus dipilih para peserta didik saat pendaftaran.

“Ada tiga pilihan sekolah, diantara tiga itu tujuannya agar calon siswa tetap terdaftar untuk bersekolah, jadi tidak takut untuk tidak masuk,” paparnya.

Ia menambahkan, terkait masalah hasil seleksi untuk proses lanjut daftar ulang dari pengumuman nantinya. Ia sampaikan pengumuman akan diumumkan melalui online disitus yang sama.

“Pengumuman hasil seleksi tanggal 5 Juli 2022, dan daftar ulang tanggal 6 sampai 9 Juli,” jelasnya.

“Semoga PPDB online dengan jalur prestasi dan afirmasi bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala bagi para siswa maupun sekolah,” tambah Syafi’i sekaligus menutup. (Ilh)

Informasi lanjut pendaftaran bisa di akses melalui : https://banjarmasin.siap-ppdb.com

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply