Connect with us

infobanjarmasin.com

Siapkan Sejumlah Pos Pengamanan, Perayaan Nataru Diharapkan Berjalan Optimal

Published

on

Foto: Humas Polresta Banjarmasin

infobanjarmasin.com, BANJARMASIN – Momentum Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) selalu ditunggu oleh masyarakat Indonesia khususnya Kota Banjarmasin di penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berdampak pada meningkatnya mobilitas masyarakat.

Oleh sebab itu, Polresta Banjarmasin menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Intan 2023, di Taman Edukasi, Pos Induk Polresta Banjarmasin, Kamis (21/12/23) sore.

Apel tersebut dipimpin oleh Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito didampingi Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, Dandim 1007 Banjarmasin, Stakeholder serta jajaran terkait lainnya.

Dalam amanatnya, Sabana Atmojo menyampaikan Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana yang akan digunakan selama pelaksanaan, sehingga diharapkan seluruh kegiatan pengamanan perayaan Nataru dapat berjalan dengan optimal.

“Operasi Lilin 2023 dilaksanakan selama 12 hari, mulai tanggal 22 Desember sampai dengan 2 Januari 2024,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Sabana personil yang akan diturunkan dalam operasi tersebut berjumlah 500 personil terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, Dishub serta Stakeholder lainnya.

“Kalau di Kota Banjarmasin ada beberapa titik, 1 pos terpadu di pelabuhan, kemudian pos pelayanan di Duta Mall, kemudian di Kilometer 6, di Sudimampir, didepan Sabilal kemudian juga di utara bundaran Kayutangi, itu pos pengamanan kita,” jelasnya.

“Kita ingin mengamankan situasi kota ini yang aman damai apalagi kita dalam operasi mantap brata,” tandasnya.

Sementara itu, H Ibnu Sina berharap perayaan Nataru tahun ini dapat berjalan dengan aman lancar, serta ia juga menghimbau kepada masyarakat terkait aturan-aturan yang sudah ditetapkan agar dapat diikuti dengan sebaik-baiknya.

“Yang harus diikuti terkait dengan hiburan malam, kemudian terkait tempat wisata, kemudian juga tidak ada petasan, ini kan untuk menghindari terjadinya situasi yang tidak kita inginkan, sehingga mudah-mudahan intruksi ini tersosialisasikan sampai tingkat RT RW,” pesan Ibnu.

Ia mengatakan, semua masyarakat disilahkan menjalani natal dan pergantian tahun, karena pos-pos sudah disediakan terutama tempat ibadah.

“Pergantian tahun tidak ada event, tidak ada kegiatan, silahkan seperti biasa saja, silahkan nikmati suasana Kota banjarmasin,” katanya.

Lanjutnya, pusat wisata di Kota Banjarmasin saat pelaksanaan Nataru akan dihidupkan semua, yaitu di Siring Menara Pandang, air mancur di Taman Kamboja juga dibuka dalam 1 bulan dan di Pasar Lama.

“Pasar lama besok malam kita uji coba mudah-mudahan di malam pergantian tahun kita bisa operasional sehingga memecah konsentrasi masyarakat jangan hanya berkumpul disatu titik saja,” ujarnya lagi.

“Silahkan pergantian tahun dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, yang jelasnya kami dari Forkominda ingin kota ini tetap aman, sejuk tidak terjadi apa-apa,” tutupnya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply