Connect with us

infobanjarmasin.com

Waspadai Potensi Banjir, Mahasiswa UIN Antasari dan Satgas Kebersihan Kolaborasi Bersihkan Sungai Veteran

Published

on

Pemko Banjarmasin

infobanjarmasin.com, BANJARMASIN – Inisiatif para mahasiswa UIN Antasari dan satuan tugas kebersihan Pasukan Turbo bersatu dalam membersihkan Sungai Veteran mendapat apresiasi dari Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina. Aksi bersih-bersih itu berfokus pada tiga titik penting, yakni dari simpang tiga hingga muara Manggis, pada Sabtu (23/12/2023).

Aksi tersebut pun turut diikuti oleh sejumlah satuan perangkat kerja di Kecamatan Banjarmasin Timur.

“Terimakasih kepada seluruh perangkat banjarmasin timur dan juga adek-adek dari uin antasari yang berinisiatif bersama satgas kebersihan pasukan turbo di masyarakat untuk membersihkan sungai vetran terutama tiga titik yakni mulai simpang tiga sampai dengan muara manggis,” ujar H Ibnu Sina usai giat bersih-bersih.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan kegiatan itu dalam rangka menyikapi ancaman musim hujan yang membawa debit air tinggi. Oleh sebab itu, upaya membersihkan sungai menjadi langkah proaktif guna mencegah saluran air tersumbat yang berpotensi menyebabkan genangan air dan bahkan banjir di kawasan Banjarmasin.

“Jangan sampai saluran air macet saluran tersumbat pastikan di lingkungan masing masing tidak usah menunggu kerja bakti atau gotong royong, tolong bersihkan aja masing masing di wadah pian,” jelasnya.

H Ibnu Sina juga menegaskan pentingnya peran individu dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan melakukan tindakan pembersihan secara mandiri tanpa harus menunggu kerja bakti atau gotong royong.

“Ayo, kita bersih-bersih saluran sungai pastikan karena ini sudah mulai musim hujan pastikan tidak ada saluran yang tersumbat supaya banjarmasin tidak calap atau kebanjiran,” pesan H Ibnu Sina.

Untuk itu, Ia berharal ini dapat menjadi panggilan bagi masyarakat setempat untuk ikut berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan sekitar, terutama dalam memastikan saluran air tetap lancar.

“Diharapkan, upaya kolaboratif ini tidak hanya membuat Sungai Vetran lebih bersih, tetapi juga meningkatkan kesiapsiagaan kota menghadapi musim hujan yang semakin dekat,” pungkasnya.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply